Monday, December 26, 2011

Macam - macam contoh pricing dalam kehidupan sehari - hari


· Skimming Price
Strategi skimming adalah menetapkan harga awal yang tinggi ketika produk baru diluncurkan dan semakin lama akan terus turun harganya. Contoh handphone nokia, nokia saya 6630 yang dulunya harganya 2,8 juta dan sekarang hanya 600 ribu , laptop, komputer, dan elektronik lainnya juga.



· Penetration Price / Harga Penetrasi
adalah menentukan harga awal yang rendah serendah-rendahnya atau murah dengan tujuan untuk penetrasi pasar dengan cepat dan juga membangun loyalitas merek dari pada konsumen. Contoh : tarif internet XL unlimited yang murah meriah dengan 50 ribu per-bulan atau dengan 5 ribu unlimited sehari. Contoh lainnya adalah restoran D’cost.


· Prestige Pricing / Harga Prestis
Strategi harga Prestige Price adalah menetapkan harga yang tinggi demi membentuk image kualitas produk yang tinggi. Contoh : Louis Vuitton, dan Hermes.




· Price Lining / Harga Lini
Strategi harga lining pricing adalah memberikan cakupan harga yang berbeda pada lini produk yang beda. Contoh : rokok dji sam soe, ada yg biasa dan ada yang super premium. Dengan merk sama namun harga berbeda.




· Odd Pricing / Harga Ganjil
adalah menetapkan harga yang ganjil atau sedikit di bawah harga yang telah ditentukan dengan tujuan pembeli akan mengira produk yang akan dibeli lebih murah. Contoh : handphone
Nexian PAD NX-G311 terbaru yang dibanderol Rp 399.000



· Demand-Backward Pricing

perusahaan memperkirakan suatu tingkat harga yang bersedia dibayar konsumen, kemudian perusahaan menentukan margin yang harus dibayarkan kepada wholesaler dan retailer. Setelah itu baru harga jualnya dapat ditentukan.


· Bundle Pricing

Merupakan strategi pemasaran dua atau lebih produk dalam satu harga paket. Metode ini didasarkan pada pandangan bahwa konsumen lebih menghargai nilai suatu paket tertentu secara keseluruhan daripada nilai masing-masing item secara individual. Contohnya : oriflame cosmetics. Jika memebeli sebuah foundation saja harganya 89 ribu, bedak tabur seharga 59 ribu, dll Jika membeli 1 paket oriflame harganya hanya sampai 300 ribu dengan kelengkapan yg lebih lengkap yang terdiri dari bedak, foundation, concealer, mascara dll dan harganya lebih murah dan ekonomis jika membeli satu paketnya.



· Standard Markup Pricing

Merupakan penetapan harga yang ditentukan dengan jalan menambahkan persentase (markup) tertentu dari biaya pada semua item dalam suatu kelas produk. Persentase markup besarnya bervariasi tergantung pada jenis produk yang dijual. Contohnya : pakaian pakaian yang di jual di matahari. Meskipun didiskon sekalipun tetap saja matahari mendapat keuntungan karena matahari telah menambahkan markup tertentu.



· Single-Zone Pricing

Dalam metode ini semua pembeli membayar delivered price yang sama di mana pun mereka berada. Contohnya ponds unilever yang dijual di indomaret, harganya tetap sama baik di indomaret jakarta maupun indomaret di surabaya.



· Multiple-Zone Pricing

Dalam metode mi perusahaan membagi daerah penjualannya menjadi beberapa daerah geografis. Setiap pembeli yang berada dalam daerah yang sama akan menanggung delivered price yang sama. Harga akan berbeda antar daerah geografis yang berlainan, tergantung pada biaya transportasi ke daerah tersebut, tingkat persaingan, dan permintaan di daerah tersebut. Contohnya tabloid gadis, dimana gadis menjual dengan harga berbeda di luar pulau jawa.






No comments: